Jawara Tahun 2013, Kelurahan Kubu Bangli Tampil Lagi Di Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

  • 01 Juli 2017
Jawara Tahun 2013, Kelurahan Kubu Bangli Tampil lagi di Lomba Kelurahan Tingkat Nasional
Baliberkarya.com-Bangli. Setelah dinyatakan keluar sebagai juara satu tingkat provinsi Bali dalam Lomba Kelurahan tingkat provinsi tahun 2017 Kelurahan Kubu berhak mewakili Provinsi Bali dalam Lomba Kelurahan Tingkat Nasional.
 
Lurah Kubu I Nengah Arya Wibowo, S.Sos mengemukakan, Sabtu (1/7/2017), pihaknya dan tim pendamping telah melakukan persiapan secara matang dan maksimal. “Kami bahkan sampai lembur malam hari untuk mempersiapkan data yang akan dikirim ke pusat sebagai bahan penilaian,” ujarnya.
 
Sebelum dipastikan menjadi wakil Bali ke tingkat nasional, Kelurahan Kubu dinilai oleh Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Selasa (30/5/2017). Penilaian lomba kelurahan tingkat provinsi itu berlangsung di Desa Adat Penglipuran, Kelurahan Kubu.
 
Perlombaan kelurahan bertujuan mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat, mendorong pengutan peran lembaga pemerintah dan masyarakat, serta memberikan penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan atas prestasi yang telah diraihnya dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasi inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Dalam perlombaan kelurahan dilakukan penilaian/evaluasi terhadap keberhasilan pembangunan yang terdiri dari 3 (tiga) bidang yang meliputi 19 aspek yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. Bidang pemerintahan mencakup aspek pemerintahan kelurahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, kelurahan berbasis teknologi informasi/e-government serta kelestarian adat dan budaya.
 
Bidang kewilayahan meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi. Bidang kemasyarakatan meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, sebagaimana yang tertuang dalam data perkembangan profil kelurahan dua tahun terakhir yaitu tahun 2015 dan 2016.
 
Sebelum tampil lagi ke tingkat nasional di tahun 2017, Kelurahan Kubu pernah menjadi jawara satu Lomba Kelurahan Tingkat Nasional tahun 2013 dan berhak meraih trofi Adi Karya Bhakti Praja yang saat itu diterima Lurah Kubu I Made Ari Pulasari. (BB)
  • 01 Juli 2017

Artikel Lainnya

Cari Artikel